Rabu, 03 Maret 2010

Flourish

"Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras libanon. Mereka yang ditanam di bait Tuhan akan bertunas di pelataran Allah kita" (Maz 92:13-14)

Mazmur 92 adalah nyanyian yang dinyanyikan pada waktu Hari Sabat. Dan pada waktu Hari Sabat, Mazmur 92 ini dinyanyikan dengan sukacita karena keselamatan yang datang dari Allah ,menyelamatkan umatNya dari dosa dan musuh-musuh mereka. Didalam Mazmur 92 ada pengajaran yang disampaikan pemazmur bagi kita, bahwa bersyukur dan beribadah kepada Allah bukanlah sesuatu yang diterima baik oleh Allah tetapi merupakan suatu panggilan yang istimewa, yang diberikan oleh Allah bagi umatNya, sehingga hal ini seharusnya menjadi bahagian yang menyenangkan untuk dilakukan. Selanjutnya pemazmur menekankan pula bahwa pujian syukur harus dipusatkan kepada Nama Allah yang Maha Tinggi yang berdaulat atas kehidupan kita. Didalam ayat 5-10, pemazmur memaparkan dengan jelas dan apa adanya mengenai perbuatan-perbuatan Allah dan hukumanNya atas orang fasik. Sedangkan syat 11-16 merupakan berkat-berkat dan kebaikan Allah yang berlaku atas orang-orang benar.

Kebenaran kekal yang kita peroleh dari Mazmur 92 ini adalah : menaikkan syukur dan pujian kepada Allah haruslah menjadi suatu kesenangan untuk dilakukan oleh orang - orang benar. Pujian syukur yang dinaikkan kepada Allah oleh karena NamaNya yang dibuktikan dengan karyaNya, yaitu dengan menghukum orang fasik dan meninggikan orang benar. Kita melihat bahwa pada akhirnya orang benar akan menikmati berkat dan kebaikan dari pada Allah.

Namun yang juga harus menjadi fokus perhatian kita adalah ayat 13-14, yang merupakan ayat acuan kita pada bulan ini. Didalam bulan Maret ini tema kita adalah "flourish" yang diartikan sebagai "berkembang". Karena itu kita percaya, bahwa pada tahun 2010 ini Allah akan membawa kita untuk terus berkembang, walaupun kita berjumpa atau diperhadapkan dengan berbagai persoalan ataupun tantangan. Keluaran 1:12 mencatat bagaimana bangsa Israel terus berkembang dan bertambah banyak walaupun mereka ditindas dan dipahitkan hidup mereka oleh bangsa Mezir. Alkitab berkata "mereka bertambah banyak dan berkembang sehingga orang takut kepada mereka". Demikian pula dengan kita sebagai orang benar yang telah dibenarkan akan terus berkembang dan bertambah banyak, baik didalam jumlah atau kuantitas maupun juga kualitas sehingga dengan demikian kita membawa dampak positif dan benar bagi dunia ini.

Didalam Mazmur 92: 13-14, ada kebenaran kekal yang harus dimiliki dan dihidupi oleh jemaat Tuhan supaya mereka bertunas ( flourish=berkembang ), seperti pohon korma dan tumbuh subur seperti pohon aras libanon, yaitu :

  • Orang Benar
Orang benar didalam konteks Mazmur 92 adalah mereka yang menyanyikan syukur kepada Tuhan dan menyanyikan mazmur bagi Nama Tuhan, serta memberitakan kasih setia Tuhan karena perbuatan-perbuatanNya yang Ajaib, walau apapun yang terjadi. Alkitab berkata bahwa orang benar adalah mereka yang ditinggikan Tuhan saperti tanduk benteng yang telah dituangi dengan minyak baru. Alkitab mengajarkan kepada kita juga bahwa Allah adalah yang benar (Ul 32:4) dan itu adalah salah satu dari sifatNya (Yes 65:16). Kemudian orang benar adalah mereka yang memiliki kebenaran didalam Kristus Tuhan (Yes 45:24, 54:17, 2 Kor 5:21). Sehingga sebagai orang benar yang telah dibenarkan didalam, dan oleh Kristus Tuhan, biarlah kita menyembah Allah dengan benar (Yoh 4:24, Maz 145:18), kita juga beribadalah kepada Allah dengan benar (Yos 24:14, 1 Sam 12:24) dan kitapun hidup dihadapan Allah dengan benar (1 Raj2:4, 2 Raj 20:3). Allah akan memperhatikan dan akan membuat kita berkembang bila kita memposisikan diri dan berdiri sebagai orang benar !

  • Ditanam di Bait Tuhan
Didalam I Petrus 2:4-5, Petrus menulis surat kepada jemaat Tuhan "dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani bagi suatu Imamat Kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah". Dari ayat ini kita tahu bahwa Allah sedang membangun suatu rumah rohani ,dimana batu penjurunya adalah Yesus Kristus, dan Allah mempergunakan kita sebagai batu-batu hidup, untuk pembangunan rumah rohani tersebut. Untuk itu kita harus "memberi hidup" kita, untuk ditanam di bait Tuhan, sama saperti apa yang telah dilakukan oleh Kristus dan Para Nabi serta Rasul-Rasul yang hidup mereka tertanam di Bait Tuhan. Ada janji yang luar biasa bagi mereka yang ditanam di Bait Tuhan, .......mereka akan terus berkembang, sampai pada masa tuapun mereka masih berbuah-buah dan menjadi gemuk, dan segar, untuk memberitakan bahwa Tuhan itu benar, bahwa Ia gunung batu, dan tidak ada kecurangan padaNya.......amin.

Mereka yang akan menikmati flourish yang datang dari pada Allah adalah mereka yang mau berdiri dan hidup sebagai orang benar, dan mereka yang mau ditanam di dalam BaitNya Tuhan.
Jadi, maukah saudara ..... ?? GBU.

Tidak ada komentar: