Kamis, 04 Februari 2010

GROW

Allah menginginkan agar setiap kita yang percaya kepadaNya bertumbuh/meningkat sampai kita menjadi dewasa penuh didalam Dia (Efesus 4 : 13-15, Filipi 2:12 ).
Berikut ini mari kita perhatikan apa yang Allah inginkan didalam Ibrani 6:1, Kata sebab itu didalam ayat tersebut berhubungan dengan Ibrani 5:13-14, dimana Rasul Paulus menegur orang Kristen Ibrani karena mereka tidak maju didalam hal-hal rohani, sebab mereka tidak beralih kepada perkembangan yang benar. Mereka masih berada didalam keadaan kanak-kanak yang harus diberi susu dan bukanlah makanan yang keras yang seharusnya diberikan bagi orang dewasa. Dengan kata lain, jemaat Ibrani yang berada di perantauan belum dewasa penuh didalam Kristus. Jemaat yang masih kanak-kanak, jika diterpa dengan pencobaan dan pengajaran-pengajaran yang tak sehat akan mudah untuk murtad dan akhirnya berpaling dari Kristus Sang Gembala Agung.

Perlu kita sadari bahwa jemaat harus menjadi jemaat yang bertumbuh dewasa, Alkitab katakan tidak hanya bertumbuh, tetapi menjadi dewasa penuh. ( Ibrani 6:1, Kolose 3:14, Filipi 3:12, I Kor. 2:6 ). Didalam Perjanjian Baru, ada dua kata dasar yang diterjemahkan sempurna atau dewasa yaitu : teleioo yang berarti menyelesaikan, menggenapkan atau menjadi dewasa. Kata kedua adalah : katarisai yang berarti dilengkapkan atau disediakan. Dengan demikian jemaat yang bertumbuh adalah jemaat yang menyelesaikan, menggenapkan dan menyediakan dirinya dipakai oleh Roh Kudus untuk mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan Allah dimuka bumi ini.

Berikut ini adalah dasar bagi setiap orang percaya untuk terus bertumbuh dewasa didalam Tuhan sebagaimana yang disaksikan oleh Alkitab.

  • Pengharapan dan Iman ( Ibrani 6: 13-15 )
Allah berjanji kepada Abraham bahwa ia akan menjadi bangsa yang besar meskipun Sarah telah lewat masa untuk memiliki anak. Namun Abraham percaya janji itu dan Allah membenarkan Abraham oleh karena percayanya. Demikian pula dengan kita hari ini, pengharan dan iman kita adalah sarana untuk kita dapat terus bertumbuh didalam DIA untuk menjadi umat Allah yang dewasa yang dibenarkan oleh percaya, yaitu percaya akan janji-janji FirmanNya.
Jemaat Tuhan, apapun kenyataannya saat ini, apapun keadaan kita saat ini, tetaplah percaya dengan iman yang sungguh akan Firman kebenaran, lalu terimalah pembenaran dari Allah dan kemudian majulah terus dan bertumbuh terus menjadi umat Allah yang mencapai kedewasaan penuh didalam DIA.

  • Sumpah Allah ( Ibrani 6: 16-17 )
Apabila manusia bersumpah biasanya bersumpah demi sesuatu yang lebih tinggi atau lebih besar daripadanya. Tetapi tidak demikian halnya dengan Allah, sebab tidak ada yang lebih tinggi atau lebih besar daripada Allah.
Pertumbuhan iman kita didalam DIA bukan sekedar usaha atau kemampuan dari manusia tetapi kasih karunia yang didasari oleh sumpah Allah bahwa Ia akan membawa kita semakin hari semakin serupa dengan Kristus AnakNya.

  • Yesus adalah perintis dan pengharapan kita ( Ibrani 6;19-20 )

Pengharapan dan janji-janji Allah itu ada didalam Yesus. Dia adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita. Sauh adalah lambang daripada pengharapan yang menyatakan bahwa janji itu tetap teguh dan kokoh. Ia sebagai perintis dari kita disurga, bukan hanya sebagai imam besar tetapi juga perintis yang telah membelahkan tabir agar kita dapat masuk tanpa takut bersalah, dengan penuh keberanian dihadapan hadirat Allah. Dengan demikian, pertumbuhan kita sebagai orang percaya telah ada jalan yaitu Yesus Kristus sendiri, dimana Ia telah menggenapi semua rencana Allah melalui kematian dan kebangkitanNya.

Kristus menginginkan jemaat yang dewasa. Jemaat yang dewasa adalah jemaat yang terus bertumbuh didalam Karakter Kristus, dan menjadi serupa denganNya, yang adalah Kepala dari tubuh. Oleh karena itu, biarlah setiap kita mau terus bertumbuh didalam iman , harap dan kasih kita, sampai kita benar-benar menjadi dewasa penuh didalam DIA, bertumbuh didalam karakter Kristus, dan siap merintah bersama DIA, didalam KerajaanNya.


Tidak ada komentar: