Senin, 05 Juli 2010

ENLARGE

Ayat Bacaan: 1Tawarikh 4:10

“Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tanganMu menyertai aku dan melindungi aku dari pada malapetaka sehingga kesakitan tidak menimpa aku”. Adalah doa atau seruan yang dinaikkan oleh yabes kepada Allah dan Alkitab mencatat Allah mengabulkan permintaannya itu. Mungkin kita bertanya siapa yabes itu?. 1 Tawarikh 4:9-10, menceritakan kepada kita tentang seorang pria yang bernama yabes. Ia adalah orang biasa ketika ia dilahirkan, ibunya mengalami kesakitan dan memberi nama yabes kepadanya. Yabes berarti “menyakitkan”. Jika kita memperhatikan dengan teliti Sembilan pasal pertama dari kitab Tawarikh berisi daftar silsilah dengan lebih dari 600 nama. Namun ada hal yang luar biasa persis ditengah nama-nama itu Allah memberikan pengakuan khusus kepada yabes, “yabes lebih dimuliakan dari saudara-saudaranya”. Si sakit atau yang menyakitkan lebih diberkati, lebih dimuliakan dari yang lain. Apa yang menyebabkan yabes hidup didalam “enlarge”, daerahnya diperluas dan diberkati berlimpah-limpah dan tangan Tuhan menyertai dan melindunginya :

1. Ambisi yang besar
Yabes berdoa kepada Tuhan “berkati aku berlimpah-limpah dan perluas daerahku”. Yabes memiliki ambisi yang besar, ia tidak ingin hidup biasa-biasa saja atau menerima keadaan yang dialaminya. Ia ingin yang lebih lagi dan yang paling dalam diinginkan yabes adalah berkat Allah atas hidupnya. Ambisi yang dimaksudkan disini adalah memiliki sasaran, rencana, target. Kita tidak bisa menjalani hidup ini dengan mengalir saja, kita harus menetapkan target atau sasaran yang akan kita capai. Jika tidak kita akan menjadi orang yang hidup tanpa arah dan tidak menikmati apa-apa. Target atau sasaran dari yabes adalah berkat Allah dan daerahnya diperluas. Bagaimana dengan kita ?

2. Iman yang besar
Yabes memiliki iman yang besar kepada Allah, itu sebabnya ia berseru kepada Allah. Ia percaya hanya Allah yang sanggup mengubah hidupnya. Yabes sebelumnya adalah orang biasa dan hidupnya penuh dengan kesakitan dan orang-orang yang disekitarnya memanggil dia dengan “menyakitkan”. Dengan iman yang besar ia berseru kepada Allah dan Allah mengabulkan seruannya. Tidak peduli siapa anda dan bagaimana menyakitkan hidup anda, jika anda menerima anugerah didalam Yesus Kristus dan memiliki iman yang besar, Tuhan akan mengubah hidup anda.

3. Doa yang murni
Mengapa Yabes lebih dimuliakan dari saudara-saudaranya?, salah satu jawabannya adalah kehidupan doanya. Doanya sederhana dan murni dihadapan Allah, yang diminta adalah: kekuatan yang lebih besar dari kekuatannya untuk menggenapi mimpinya (kiranya engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku). Hadirat Allah (dan kiranya tanganMu menyertai aku) dan selanjutnya yang diminta yabes dari pada Tuhan adalah perlindungan Allah (dan melindungi aku dari pada malapetaka sehingga kesakitan tidak menimpa aku). Jika kita terus memperhatikan kesaksian Alkitab, disitu dicatat “dan Allah mengabulkan permintaannya itu”. Allah adalah Bapa kita, Ia selalu memperhatikan dan mengabulkan setiap doa atau seruan yang dinaikkan kepadaNya. Datang pada Tuhan dengan kemurnian dan biarlah tangan kita bersih dihadapanNya.

Doa saya biarlah Tuhan memberkati anda berlimpah-limpah dan memperluas daerahmu serta melindungimu dari malapetaka dan kesakitan. Doa yang sederhana dari Yabes membuat ia lebih dimuliakan dari saudara-sadaranya. Allah dengar dan setuju dengan yabes, miliki ambisi yang besar serta harapkan tangan Allah yang maha kuasa menyertaimu dan hiduplah dalam iman yang besar serta terus bertekun didalam doa. TUHAN akan memperluas daerahmu……..GBU

Tidak ada komentar: